Monday, March 25, 2013

Cara Membuat Pedalboard Gitar

Semakin banyak pedal efek yang dihubungkan, semakin tinggi juga resiko sinyal gitar menjadi buruk. Akibatnya, kualitas suara gitar yang keluar pun menurun. Susunan umum (misalnya yang mencapai enam atau tujuh pedal) akan menghasilkan sinyal yang kuat asalkan menggunakan kabel yang bagus dan sumber listrik yang dapat diandalkan. Jika betul-betul membutuhkan lebih dari 10 pedal untuk rantai efek, mungkin perlu untuk mempertimbangkan menggunakan sistem switching seperti A-B Box atau pedal pemilihan jalur untuk koleksi pedal.

                 Ini dia pedoman dasar kita, mari kita bersama-sama menghubungkan pedalboard:


Mengapa jalur sinyal ini yang disarankan?

Mengapa Tuner berada di jalur pertama? Yang satu ini cukup mudah. Tuner tidak ingin mendengar sinyal gitar, melainkan ingin melihat masukan langsung dari gitar. Alasan lain untuk menempatkan tuner yang pertama adalah bahwa jika Anda menggunakan bypass pedal, Tuner akan memberi mereka sinyal buffered, yang akan melindungi Anda dari nada noise, ketika sinyal di kabel pedal lainnya mati.



 Berikutnya WAH, dan Compressor Pedal Wah dan Compressor berfungsi untuk mengubah nada dasar gitar. Anda ingin semua pedal lain untuk memiliki tembakan di suara dari pedal tersebut, jadi untuk mendapatkan suara yang terbaik, letakan kedua pedal ini diurutan rantai dekat input gitar.

Diurutan ke 3, Distorsi/Overdrive mempertahankan nada dengan meningkatkan sinyal, jadi mereka ditempatkan sebelum Kompresor. Banyak pemain menggunakan kompresor hanya untuk alasan ini, dan "Fixed Wah" suara, dimana merupakan wah pedal yang dihidupkan tetapi tidak menyapu secara terus-menerus, biasanya digunakan dalam memimpin nada rock dan metal.







EQ baik digunakan setelah Distorsi/Overdrive jika anda ingin mendapatkan MID atau benjolan frekuensi tertentu untuk solo. (Untuk menunjukkan bahwa ini bukan aturan keras, dia juga bekerja cukup baik jika EQ berada setelah kompresor tapi sebelum overdrive. Tetapi ini merupakan perubahan bagaimana suara EQ, karena anda akan distorsi dengan overdrive, sehingga disarankan untuk mencobanya pada posisi awal). Selain itu akan sangat baik jika memiliki EQ sebelum terjadi kebisingan, karena persamaan dapat dapat menambahkan suara dengan meningkatkan nada pada berbagai titik dalam spectrum frekuensi, termasuk suara apapun yang sudah ada.
 




Efek Modulatrion dan Ambience Seperti Pasher, Tremolo, Chorus dan Flenger harus setelah tone-producing effects seperti distorsi, wah, dan sebagainya, sehingga mereka dapat memproses dan mengubah nada yang dibangun oleh pedal sebelumnya. Jika Anda meletakkannya sebelum distorsi, maka Anda mendistorsi semua uara. Mungkin itulah yang Anda harapkan, tetapi secara umum, menempatkan Modulation setelah tone-shaping (dan noise–producing) pedal kemudian ada Ambiance effects:delay dan reverb. Seperti yang kita bahas sebelumnya, reverb terkadang menunda dan akan melambatkan keluarnya suara.


Catatan: Jika kalian ingin memperkaya suara pedalboard kalian, kalian juga masih bisa menambahkan beberapa efek tetentu asalkan tidak mengubah susunan efek agar suara dari setiap efek terdengar maksimal. Contoh seperti gambar ini

9 comments:

  1. wouu mantap benar ini gan, tutorialnya sangat berguna sekali, terima kasih sudah berbagi dan salam sukses selalu kawan

    ReplyDelete
  2. siang gan , klo tuner setelah wah g boleh ya gan ????

    ReplyDelete
  3. Kalau cabinet simulator dan pickup booster ditaruh dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya di tempatkan paling akhir sebelum output.

      Delete
  4. cabsim setelah booster,

    ReplyDelete
  5. gan ane mau nanya 2 pertanyaan:
    1. Ttg power supply,kalo punya efek sebanyak gambar 1 gunain power supply berapa ma(contoh: 1000ma/2000ma)? dan kalo punya efek sebanyak gambar 2 (gambar terakhir dipost) gunain berapa ma juga gan? Terus ngaruhnya power supply buat suara gimana? harus ga power supply yg bermerek buat pedalboard?
    2. kalo efek yg digunain berbagai merek bentuknya kaya tadi juga? (contoh: tuner behringer setelah itu dunlop cry baby setelah itu boss compressor)
    makasih gan:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 12v/300ma ideal untuk pedalboard dengan kebutuhan voltase dan daya yang tinggi, berbeda dengan stompbox & digital pake 100ma aja sudah bisa.. Trus pengaruh power supply biasanya grounding loop yang menyebabkan hum/dengung dan noise atau bahkan interfensi dari frekuensi luar. Masalah merk di campur campur juga gak maslah kok, gambar yang di atas kan cuma contoh saja. Kalau mau tanya tanya atau memesan power supply kunjungi saja ini http://goo.gl/bB0NGH

      Delete
  6. Gan, klo saya ada efek, noise gate, distorsi, overdrive, timecore (delay),booster.. Susunan yg enak gmn ya.. Biar kerja stomoboxnya bsa maksimal..
    Makasih sblmnya 😊

    ReplyDelete